Categories
Pengetahuan

Manfaat Berenang Bagi Penyandang Disabilitas

Pada beberapa pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai manfaat berenang, kita sudah menyimpulkan bahwasanya begitu banyak sekali manfaat berenang bagi kesehatan tubuh kita. Nah, tapi bagi saudara-saudari kita yang menyandang disabilitas itu sendiri apakah terdapat manfaat yang signigicant terhadap tubuh mereka, atau bermanfaat sebagai terapi untuk mereka, berikut kita bahas mengenai manfaat berenang bagi penyandang disabilitas.

Ketika Amerika Serikat menjadi lebih inklusif, orang-orang ingin membuat lebih banyak kegiatan dapat diakses oleh penyandang disabilitas. Salah satu aktivitas tersebut adalah berenang. Penyandang disabilitas sering kali tidak berpartisipasi dalam olahraga tim tradisional karena sulit untuk dimodifikasi, tetapi renang memiliki lebih sedikit hambatan. Faktanya, berenang membantu penyandang disabilitas merasa lebih mandiri, meningkatkan kekuatan fisik dan stamina, dan membawa banyak manfaat lainnya.

Tidak peduli tingkat kecacatan atau kemampuan berenang Anda, Anda bisa tetap mendapatkan manfaat dari saat di dalam air. Pengaturan kolam dapat mengakomodasi hampir semua kecacatan, termasuk kesulitan ortopedi dan bergerak, kebutaan, tuli, dan cacat kognitif. Manfaat berenang dan aktivitas air meliputi:

Meningkatkan stamina dan massa/tonus otot.

Penyandang disabilitas seperti cerebral palsy, spina bifida, atau Distrofi Distrofi otot sering mengalami kesulitan dalam olahraga atletik karena otot “floppy” yang kaku atau longgar. Di dalam air, otot dan anggota tubuh lebih mudah digerakkan. Karena aktivitas air memiliki komponen kardio, perenang dapat meregangkan otot dan meningkatkan stamina. Orang yang perlu menurunkan berat badan atau menambah massa otot mungkin menemukan tujuan ini lebih dapat dicapai melalui berenang daripada olahraga lainnya.

Berkurangnya fokus pada masalah sensorik.

Orang buta atau tuli mungkin merasa tidak terkendali di darat karena dibombardir dengan suara-suara aneh, medan asing, atau banyak orang berbicara sekaligus. Di kolam, masalah sensorik ini dikurangi atau dihilangkan. anda sebagai pemilik kolam renang dapat menggunakan lampu yang berkedip untuk mengingatkan pengunjung tunarungu tentang pengumuman penting. Perenang tunanetra pun dapat mendaftar untuk les privat atau menjalani terapi orientasi untuk membantu mereka bernavigasi dikolam tentu didamping para professional atau ahli.

Meningkatkan kesejahteraan fisiologis

Bagi penyandang disabilitas yang menyukai olahraga, renang dapat menumbuhkan jiwa kompetitif. Menurut peneliti dalam publikasi kesehatan masyarakat “Salud Pública de México” (2010), persaingan yang dirasakan meningkatkan kesejahteraan psikologis sehingga meningkatkan kesehatan mental. Selain itu, terlibat dalam olahraga rekreasi dan kompetitif dapat sangat meningkatkan kemandirian mereka. Hal ini pada gilirannya meningkatkan kepercayaan diri mereka yang mengarah pada peningkatan kualitas hidup.

Manfaat Kesehatan Fisik

Berenang membantu orang dengan penyakit kronis. Misalnya, orang-orang dengan arthritis yang terlibat dalam berenang memanfaatkan sendi yang terkena tanpa memperburuk gejala. Orang dengan rheumatoid arthritis memiliki peningkatan kesehatan yang lebih baik setelah terlibat dalam berenang dibandingkan dengan aktivitas lainnya. Berenang juga membantu dalam meningkatkan penggunaan sendi yang terkena dan meminimalkan rasa sakit akibat osteoarthritis. Air membuat seseorang melayang dan menopang berat badan, persendian, otot, dan tulang belakang.

Meningkatkan keterampilan dalam bergerak

Berenang sebagai bentuk latihan membantu meningkatkan keterampilan dalam melakukan perpindahan seperti berpindah dari kursi roda ke kolam renang dan sebaliknya. Namun, ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari cedera. Jika Anda berenang di kolam perumahan, itu harus dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas. Bahan kimia air kolam harus aman untuk berenang dan pemeliharaan kolam secara teratur harus diperhatikan untuk menghindari efek negatif.

Berenang dan senior

Menurut dokter keluarga Amerika, tiga dari setiap empat baby boomer tidak cukup berolahraga. Sebagai senior, Anda harus tahu bahwa Anda tidak pernah terlalu tua untuk berenang. Berenang sangat bermanfaat bagi orang tua karena melatih seluruh tubuh tanpa membuat otot dan persendian Anda tegang. Berenang juga membantu meningkatkan kepadatan tulang pada wanita pasca menopause. Dengan meningkatkan kepadatan tulang Anda, Anda menurunkan risiko patah tulang jika Anda jatuh. Banyak manula berenang di kolam terapi karena air hangat membantu meredakan sakit dan nyeri serta meningkatkan sirkulasi darah. Jika Anda adalah warga senior, berenang juga dapat memotivasi Anda untuk melakukan kebiasaan olahraga lain dan meningkatkan partisipasi Anda dalam jenis kegiatan lain.

Meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian.

Kebanyakan penyandang disabilitas menghabiskan hidup mereka dengan diberitahu apa yang tidak bisa mereka lakukan. Mengajarkan seseorang dengan disabilitas untuk berenang atau menikmati air meningkatkan kepercayaan dirinya. Menikmati air atau berenang dengan baik memberi orang itu sesuatu yang dia kuasai dan membuatnya lebih mudah untuk membayangkan kemandirian di bidang lain.

itu lah beberapa manfaat yang bisa didapatkan bagi penyandang disabilitas saat melakukan aktifas berenang. Demikian pembahasan singkat mengenai manfaat berenang bagi penyandang disabilitas, semoga bisa memberikan anda edukasi.